BintanPos.Com
Kabar Bintan Nasional

51 Lulusan UMRAH Cumlaude

Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) Tanjungpinang menggelar Sidang Terbuka Senat Wisuda Sarjana XII Tahun akademik 2018/2019 di Aula Kantor Gubernur, Dompak, Sabtu (23/3). Sebanyak 51 orang sarjana yang diwisuda itu meraih IPK cumlaude.

TANJUNGPINANG – Wisuda sarjana UMRAH ke-XII mengangkat tema ‘Dengan UMRAH 5.0 Kita Siapkan Sumber Daya Manusia yang Kompeten dalam Menghadapi Era Industri 4.0’ yang dibuka oleh Ketua Ssenat Dra. Hj. Isnaini Leo Shanty, M.Pd.

Rektor UMRAH Tanjungpinang Prof. Dr. Syafsir Akhlus, M.Sc menyampaikan dalam pidato wisuda nya, pada wisuda sarjana ke- XII UMRAH meluluskan 403 wisudawan/ti.

Yang berasal dari 5 fakultas dengan rincian. Fakultas Teknik (FT) 32 wisudawan/ti, Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan (FIKP) 67 wisudawan/ti, Fakultas Ilmu Keguruan dan Pendidikan (FKIP) 105 wisudawan/ti, Fakuktas Ekonomi (FEKON) 75 Wisudawan/ti, dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) 123 wisudawan/ti.

”Pada wisuda ke-XII IPK rata-rata universitas 3,23 dan ada 51 lulusan mendapat predikat cumlaude. IPK pemuncak diraih oleh Ratna dari Fakultas Ilmu Keguruan dan Pendidikan Prodi Pendidikan Bahasa Inggris dengan IPK 3,93,” ungkap Syafsir Akhlus dalam pidatonya.

Dalam pidatonya Syafsir Akhlus juga mengucapkan selamat dan juga menyampaikan pesan dan nasehat kepada wisudawan/ti UMRAH.

”Selamat kepada saudara-saudara yang telah sukses menunjukkan prestasi belajar dan InsyaAllah akan sukses pula menempuh perjalanan karir di masa depan. Ingatlah, zaman ini adalah zaman yang sangat kompetitif dan serba cepat,” pesannya.

”Kita telah memasuki era Revolusi Industri 4.0. Itulah sebabnya zaman ini membutuhkan manusia-manusia yang responsif dan mampu mengantisipasi perubahan. Karena itu, hadapilah zaman ini dengan penuh semangat dan etos kerja disertai dengan jati diri dan moral yang kuat. Jangan mudah terbuai dengan kesenangan sesaat,” katanya.

Ia meminta para sarjana muda ini agar menjaga nama baik almamater dan citra UMRAH. Sebarkanlah prestasi-prestasi UMRAH kepada masyarakat. Tunjukkan kualitas pendidikan di UMRAH sebagaimana tercermin dari kemampuan dan kepribadian saudara-saudara semua.

”Selanjutnya semangatilah adik-adik kalian agar bisa datang menimba ilmu di UMRAH,” tutupnya.

Pada kesempatan itu Gubernur Kepri Dr. H. Nurdin Basirun, M.Si memberikan sambutannya. Dalam sambutannya Nurdin berpesan kepada seluruh wisudawan/ti agar setelah lulus wisudawan semua dapat bersaing dengan baik dalam dunia kerja.

Di era Revolusi Industri 4.0 ini kita semua dituntut untuk memiliki skill guna mengisi kebutuhan dunia industri maupun lapangan pekerjaan yang tersedia.

”Sebagai seorang sarjana kita tidak hanya intelektual tapi juga harus di bisa bangun karakter. Jangan berpikir untuk mencari kerja, tapi buatlah lapangan kerja. Harus bisa cari peluang, karena banyak peluang dan potensi yang ada di Kepri,” ungkap Nurdin.

Selain itu adanya penyampaian kesan dan pesan mahasiswa yang di sampaikan oleh Ratna sebagai lulusan terbaik universitas. Dalam kesan dan pesan itu Ratna mengucapkan terimakasih kepada orangtua yang hebat.

”Hari ini bukanlah akhir dari perjuangan melainkan awal dari tantangan dan perjuangan kita ke depan. Untuk itu, kita harus menjadi sumber daya manusia yang baik dan kompeten, yaitu dengan meningkat kualitas hidup kita,” ungkap Ratna.

UMRAH meluluskan 5 wisudawan/ti Pemuncak Fakultas. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Ratna IPK 3,93 sekaligus lulusan Terbaik Tingkat Universitas, Ade Putra Nurcholik Fakultas Teknik Prodi teknik Informatika IPK 3,74.

Fakuktas Ilmu Kelautan dan Perikanan Prodi Manajemen sumber daya Perairan Irfan Hasan Ashari IPK 3,85, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Prodi Ilmu Pemerintahan Kartika Delsa IPK 3,63, Fakultas Ekonomi Ira Purnamasari 3,88 Prodi Manajemen.

Tamu undangan yang hadir dalam wisuda ke XII UMRAH tersebut Gubernur Kepri Dr. H. Nurdin Basirun, M.Si., Mantan Rektor UMRAH Prof. Dr. H. Maswardi M. Amin, M.Pd., Ketua Harian Dewan Pertimbangan UMRAH H. Huzrin Hood, perwakilan dari Lanud RHF, Perwakilan dari Kapolres Tanjungpinang serta undangan dari unsur OPD lainnya.

source: tanjungpinangpos

Related posts

Cerita Ibu 41 Tahun Asal Madiun yang Lahirkan Bayi Laki-laki Kembar 3

admin

Wakil Bupati Bintan Beri Motivasi Hadapi Ujian Nasional

admin

Penahanan Gubernur Kepri Nonaktif Diperpanjang

bintanpos

Leave a Comment