BintanPos.Com
Nasional

Hanya Disebar di Jabodetabek, Ini 4 Hal yang Perlu Diketahui Soal Vaksin Pfizer

BINTANPOS.COM – Vaksin Pfizer kini sudah tiba di Indonesia. Sejumlah daerah di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) menjadi prioritas penyaluran vaksin tahap awal ini di Indonesia.

Pada Kamis (19/8) lalu, Indonesia menerima sebanyak 1.560.780 juta dosis vaksin Pfizer melalui skema pembelian langsung. Untuk diketahui vaksin Pfizer juga telah mendapatkan Emergency Use Authorization (EUA) dari BPOM pada 14 Juli 2021, sehingga bisa langsung disuntikkan kepada masyarakat.

Vaksin Pfizer Diprioritaskan ke Jabodetabek

Penyaluran vaksin diprioritaskan ke wilayah Jabodetabek lantaran sistem logistiknya lebih kompleks dibandingkan jenis vaksin lainnya yang sudah diterima Indonesia. Diketahui vaksin Pfizer membutuhkan penanganan dan penyimpanan yang khusus dan harus segera digunakan.

Dikutip dari detikcom, penanganan dan penyimpanan yang kompleks disebabkan lantaran vaksin Pfizer harus disimpan khusus di dalam tempat dengan suhu yang sangat rendah antara – 90 hingga – 60 derajat Celcius.

“Vaksin ini harus disiapkan oleh petugas kesehatan yang sudah dilatih menggunakan teknik tertentu dalam menangani rantai dingin, termasuk cara mencairkan dan mengencerkan vaksin sebelum disuntikkan,” kata Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat drg. Widyawati, MKM, seperti dilansir dari laman resmi Kementerian Kesehatan, Senin (23/8/2021).

Lokasi untuk Memperoleh Vaksin Pfizer di Jakarta

Sejumlah puskesmas dan fasilitas layanan kesehatan sudah membuka vaksinasi Pfizer. Vaksinasi sudah mulai dilakukan hari ini (23/8) di beberapa lokasi, yaitu:

1. Puskesmas Kecamatan Cilandak

Pelayanan: 13:00 sampai 14:30
Pendaftaran: https://bit.ly/pendaftaranpfizercilandak

2. Puskesmas Kelurahan Lebak Bulus

Pelayanan: 09:00 sampai 12:00
Pendaftaran: https://bit.ly/pendaftaranpfizerlebakbulus

3. Puskesmas Kelapa Gading

Vaksin Pfizer juga dibuka di Puskesmas Kelapa Gading. Pendaftaran dapat dilakukan secara online melalui aplikasi JAKI.

Syarat Memperoleh Vaksin Pfizer di Jakarta

Adapun masyarakat yang ingin memperoleh vaksin Pfizer bisa memperhatikan syarat-syarat berikut sebelum mendaftarkan diri, antara lain:

1. Belum pernah mendapatkan dosis vaksin COVID-19
2. Berusia di atas 18 tahun
3. WNI yang memiliki KTP atau domisili wilayah DKI Jakarta
4. Bila memiliki komorbid, membawa surat rekomendasi dokter spesialis yang merawat
4. Tidak berlaku untuk booster atau dosis ketiga
5. Saat vaksinasi, wajib menunjukkan KTP.

Vaksin Pfizer Akan Dikirimkan Bertahap ke Indonesia

Sebanyak 50 juta vaksin Pfizer akan dikirimkan secara bertahap melalui skema pembelian langsung. Ada pula vaksin Pfizer yang akan didapatkan Indonesia secara gratis melalui skema GAVI/Covax, yakni sebesar 4,6 juta dosis dalam beberapa minggu ke depan.

“Pemerintah terus mendatangkan vaksin terbaik dari berbagai produsen dalam rangka mengamankan ketersediaan vaksin untuk melindungi 208 juta rakyat Indonesia yang menjadi sasaran vaksinasi COVID-19,” tutur Widyawati.

“Meski terdapat beberapa jenis vaksin di Indonesia, kami menghimbau masyarakat untuk tidak pilih-pilih vaksin karena pemerintah sudah menjamin keamanan dan khasiat dari vaksin COVID-19 yang digunakan saat ini. Kembali saya tekankan, jangan pilih-pilih vaksin, semuanya aman dan berkhasiat dan segera lakukan vaksinasi,” tutup Widyawati. (mg1)

Related posts

Gempa Bumi 5,1 SR Guncang Kepulauan Talaud Sulawesi Utara

admin

Mengintip Eksotisme Kampung Adat Praijing, Rumahnya Terlihat Unik

admin

Petugas Kembali Kontak Tembak dengan KKB Papua, 2 Orang Tewas

bintanpos