BintanPos.Com
Gaya Hidup

5 Bahan Alami Ini Bisa Dipakai Warnai Rambut Tanpa ke Salon

BINTANPOS.COM – Mau ubah penampilan dan warna rambut tapi tak bisa ke salon karena PPKM? Jangan sedih, kamu bisa mencoba cat rambut berbahan kopi dan buah bit.

Ternyata beberapa bahan makanan bisa digunakan sebagai pewarna alami, tak terkecuali untuk mewarnai rambut. Sebut saja warna coklat pada kopi atau warna merah buah bit yang bisa mengubah tampilan warna rambut kamu.

Cara ini bisa dilakukan di rumah dan pasti aman karena 100 persen menggunakan bahan alami. Meskipun perlu dilakukan berulang agar warnanya maksimal tapi pewarna rambut berbahan makanan ini tidak akan merusak rambut. Justru kandungan nutrisinya bisa membuat rambut jadi kuat dan sehat.

Berikut bahan makanan yang bisa jadi pewarna rambut, seperti dilansir detikcom.

1. Wortel
Wortel punya warna alami oranye, yang bisa membuat tampilan rambut menjadi kecoklatan. Sayuran yang tinggi vitamin C dan serat ini bisa juga diandalkan untuk mewarnai rambut. Hasilnya bisa dilihat hingga beberapa minggu setelah proses pewarnaan.

Untuk menggunakan wortel sebagai cat rambut alami, kamu perlu menyiapkan wortel yang sudah dihaluskan lalu campur dengan sedikit minyak kelapa atau minyak zaitun.

Cara menggunakannya cukup sederhana, oleskan campuran wortel dan minyak kelapa pada rambut. Lalu tutup kepala menggunakan shower cap selama 1 jam lalu bilas. Selain mengubah warna rambut, cara ini juga efektif untuk menutupi uban.

2. Buah bit
Buah bit yang berwarna merah terang ini bisa diandalkan untuk mewarnai rambut. Pigmen warna merah pada buah bit bisa meresap dalam rambut jika diaplikasikan dengan benar. Untuk hasilnya akan berbeda tergantung warna rambut asalnya.
Ambil beberapa buah bit lalu kupas dan cuci hingga bersih. Haluskan buah bit lalu campur dengan sedikit minyak zaitun. Oleskan merata pada seluruh bagian rambut. Diamkan hingga kering lalu bilas sampai bersih menggunakan air hangat.

Untuk hasil maksimal, kamu bisa juga bisa melakukan bleaching lebih dulu menggunakan air lemon.

3. Lemon
Air perasan lemon bisa digunakan untuk membuat rambut berubah warna menjadi pirang. Bahan alami ini juga bisa dijadikan alternatif bleaching alami. Meskipun jumlah lemon yang dibutuhkan tidaklah sedikit.

Kandungan asam yang tinggi pada lemon dapat membantu memudarkan warna rambut secara perlahan. Oleskan air lemon pada rambut, sisir hingga rapi lalu diamkan selama 1 jam.

4. Kopi
Bukan hanya bisa jadi minuman nikmat, kopi juga bisa dijadikan pewarna rambut alami. Cara ini bekerja efektif untuk mewarnai rambut yang warnanya pirang terang. Atau bisa juga dijadikan pewarna untuk menyamarkan uban.

Siapkan 2 sendok makan kopi hitam bubuk dan kondisioner. Seduh kopi lalu campurkan dengan kondisioner, aduk rata lalu oleskan pada rambut. Diamkan sampai kering lalu bilas hingga bersih. Hasilnya akan berbeda tergantung warna asli rambut dan warna alami kopi yang digunakan.

5. Saffron
Saffron menghasilkan warna oranye hingga merah pada rambut. Untuk menggunakannya, siapkan 1 sendok makan saffron lalu campur dengan air secukupnya. Oleskan pada rambut dan diamkan sampai kering dan meresap.

Bilas rambut hingga bersih. Saffron bekerja optimal pada rambut pirang atau beruban. Namun mewarnai rambut dengan saffron terbilang mahal karena rempah asli Timur Tengah ini harganya mahal. (mg1)

Related posts

5 Manfaat Teh Sereh, Diantaranya Perkuat Imun Tubuh

bintanpos

Jangan Sering Dikonsumsi, 5 Makanan Ini Buruk untuk Ginjal

bintanpos

7 Buah Tinggi Serat Ini Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

bintanpos