BintanPos.Com
Gaya Hidup

Sering Overthinking? Inilah Cara Mengatasinya

BINTANPOS.COM – Pernah dengar apa Itu overthinking? Overthinking bisa terjadi pada siapa saja. Biasanya seseorang akan menebak-nebak setiap keputusan yang telah dibuatnya, dan membayangkan semua skenario terburuk dalam hidup. Kondisi ini memang melelahkan. Tapi, overthinking adalah kebiasaan yang sulit dihilangkan.

Faktanya, semakin lama memikirkan sesuatu, maka semakin sedikit waktu dan energi yang dimiliki untuk melakukan tindakan produktif. Tentu saja, overthinking bisa melanda setiap orang.

Kebiasaan ini dapat membuang waktu selama berjam-jam untuk mencoba memutuskan tindakan apa yang yang harus diambil atau apa saja hasil yang akan didapat, namun tidak menggunakan waktu yang ada untuk menyiapkan yang terbaik. Untuk itu, penting untuk mengenali apa itu overthinking dan bagaimana cara mengatasinya.

Jadi, Apa Itu Overthinking?
Overthinking adalah sebuah kebiasaan seseorang yang terlalu banyak memikirkan sesuatu. Meskipun telah menjadi sifat manusia untuk memikirkan sesuatu dengan matang sebelum membuat keputusan atau mengevaluasi suatu situasi, namun jika terlalu banyak berpikir maka kita tidak bisa keluar dari pikiran kita sendiri. Hal ini dapat terjadi pada kita semua di beberapa titik dalam kehidupan, sehingga mengalami kondisi yang menyebabkan kekhawatiran berlebih hingga berujung pada stres.

Beberapa orang sepertinya tidak bisa menghilangkan kekhawatiran mereka. Mereka khawatir tentang masa depan, sehingga membuat prediksi tentang peristiwa yang belum terjadi. Mereka juga merenungkan masa lalu, menyalahkan diri sendiri tentang apa yang seharusnya mereka lakukan. Mereka resah atas apa yang orang lain pikirkan tentang mereka atau membiarkan negative self-talk menumpuk di pikiran mereka.

Terlalu banyak memikirkan keputusan sulit yang harus dibuat juga dapat menyebabkan masalah. Memutar ulang semua opsi di kepala dapat menyebabkan kebuntuan, karena takut mengambil tindakan yang salah. Pada akhirnya, tidak mengambil tindakan sama sekali. Membuat keputusan yang salah lebih baik daripada tidak membuat keputusan sama sekali.

Overthinking dapat meningkatkan gejala depresi, meningkatkan stres, dan tidak mampu membuat keputusan yang baik. Maka dengan mengenal apa itu overthinking, seharusnya kita juga dapat mengetahui cara untuk mengatasi kebiasaan ini.

Lantas, Bagaimana Cara Mengatasi Overthinking?

Setelah mengetahui overthinking, kini saatnya untuk tahu cara mengatasinya. Penelitian menunjukkan bahwa dengan mengurangi beban pikiran bisa menjadi solusi yang efektif. Studi menunjukkan istirahat sejenak dapat membantu seseorang membuat keputusan terbaik.

Daripada sekedar duduk dan memikirkan masalah dalam waktu yang lama, lebih baik mengalihkan perhatian sebentar. Otak akan menemukan cara yang lebih baik untuk mencari solusi saat mengerjakan kegiatan lain. Selain itu, istirahat juga membantu otak untuk memecahkan masalah saat sedang tidur.

Dengan mengerjakan kegiatan lain dapat membuat pikiran untuk terfokus pada sesuatu yang lebih produktif. Pada akhirnya, otak akan mengembangkan solusi ketika berhenti memikirkan masalahnya. Setelah mengetahui apa itu overthinking dan cara penyelesaiannya, kini saatnya untuk mengatur ulang pikiran kembali dan belajar menemukan keputusan terbaik.

Source: detik.com

Related posts

Mie instan dan Soda, Inilah Makanan Pemicu Asam Lambung

bintanpos

Ini 7 Tanda Tubuh Kebanyakan Asupan Garam yang Perlu Kamu Tahu

bintanpos

Resep Pisang Gapit Saus Durian yang Legit Buat Camilan

bintanpos