BintanPos.Com
Gaya Hidup

Selain Bangun Tidur, Ini 7 Waktu Terbaik untuk Minum Air Putih

BINTANPOS.COM – Cukup konsumsi air putih penting untuk kesehatan. Ada 7 waktu terbaik untuk minum air putih supaya manfaatnya semakin maksimal. Kapan saja waktu tersebut?
Mencukupi kebutuhan air putih harian sangat penting untuk memastikan organ tubuh berfungsi maksimal. Tiap orang punya kebutuhan air putih berbeda-beda. Penghitungan yang disarankan ahli gizi adalah 40 cc per kilo gram berat badan. Jadi jika berat badan kamu 50 kg, maka kebutuhan air putihmu sekitar 2.000 cc atau 2 liter.

Saat kekurangan air putih, kamu akan mengalami kondisi dehidrasi yang berimbas buruk pada kesehatan. Misalnya sakit kepala, migrain, tekanan darah menurun, hingga sembelit. Minum air putih pun tak sekadar menghilangkan rasa haus. Ada waktu-waktu terbaik untuk minum air putih supaya manfaat sehatnya semakin maksimal.

Mengutip dari detik.com, inilah 7 waktu terbaik untuk minum air putih:

  1. Setelah bangun tidur
    Bangun tidur menjadi waktu terbaik untuk minum air putih. Pakar kesehatan menyarankan minum 1-2 cangkir air putih sesaat setelah bangun. Hal ini karena tubuh alami kondisi dehidrasi akibat tidak mendapat asupan air semalaman.
    Minum air putih setelah bangun tidur juga bisa membuat kamu kembali ‘sadar’. Setelah itu barulah kamu bisa minum kopi. Minuman kafein ini juga terhitung sebagai cairan yang bisa menghidrasi. Penelitian kecil yang melibatkan 50 pria mengungkap konsumsi kopi secukupnya tidak menyebabkan dehidrasi.
  2. Sebelum makan
    Bagi yang sedang diet, waktu terbaik untuk minum air putih adalah tepat sebelum makan. Coba minum segelas air putih untuk membuat kenyang dan mencegah makan berlebih. Ahli gizi Melissa Mitri mengungkap air memegang peranan penting dalam manajemen berat badan.
    Selain itu, penelitian kecil menemukan minum air sebelum makan membantu pria dan wanita makan lebih sedikit dan merasa sama kenyangnya dengan mereka yang tidak minum air putih sebelum makan. Penelitian lain menyarankan air dingin sebagai pilihan terbaik karena temperatur dingin bantu melambatkan sistem pencernaan dan bantu menekan nafsu makan.
  3. Saat makan makanan berserat
    Minum air putih saat makan bantu melancarkan pencernaan, kata Mitri. Air putih utamanya penting diminum saat mengonsumsi makanan tinggi serat. Serat bergerak melalui sistem pencernaan dan menyerap air.
    Proses ini juga bantu membentuk feses dan membuat buang air besar teratur. Jadi saat kamu sedang mengonsumsi banyak buah dan sayur, imbangi juga dengan konsumsi air putih yang banyak.
  4. Di siang atau sore hari
    Saat siang atau sore hari, umumnya orang-orang mencari kopi untuk kembali mengisi energi. Namun Mitri tidak merekomendasikan minum kopi karena bisa mengganggu waktu tidur nantinya. Efek serupa bisa dirasakan kalau kamu mengonsumsi camilan manis.
    Guna mengatasi rasa lesu dan kurang berenergi di siang atau sore hari, coba atasi dengan minum air putih. Karena bisa jadi hal itu terjadi karena kamu dehidrasi. Minum air putih disebut pakar kesehatan bisa bantu mempertahankan energi sekaligus membuat suasana hati tetap stabil.
  5. Saat sakit kepala
    Sakit kepala bisa jadi salah satu gejala dehidrasi. Lebih parah lagi, dehidrasi bakal memicu migrain. Untuk mengatasinya, konsumsi air putih sangat disarankan.
    Air putih bantu mengurangi keparahan, frekuensi, dan durasi migrain. Hal ini dibuktikan melalui sebuah penelitian tahun 2020 yang dipublikasikan di Journal of Clinical Neuroscience.
  6. Sebelum, saat, dan setelah olahraga
    Bagi para pelaku hidup sehat yang gemar olahraga, coba perhatikan asupan air putihmu. Minum air putih sebelum, saat, dan setelah olahraga penting untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi, apalagi kalau kamu tipe orang yang berkeringat banyak.
    Sebelum olahraga ringan seperti jogging atau jalan cepat di pagi hari, usahakan minum secangkir air putih 30 menit sebelumnya. Minum juga sesekali saat berolahraga. “Kemudian pastikan menghidrasi tubuh setelah olahraga untuk menggantikan air yang hilang melalui keringat,” tambah Mitri.
  7. Sebelum tidur
    Minum terlalu banyak air putih sebelum tidur tidak disarankan karena bakal bikin kamu sering buang air kecil. Kamu bisa meneguk sedikit air putih untuk mengakalinya. Taruh air putih disamping tempat tidur supaya tidak sulit menjangkaunya.
    Lalu untuk kamu yang sulit memperbanyak asupan air putih, coba beri rasa pada air putih. Misalnya dengan menambah irisan jeruk. Kemudian bisa juga dengan membeli botol minum yang ukuran 1,5-2 liter untuk membuat kamu semangat menghabiskan air putih.

Related posts

Resep Pisang Gapit Saus Durian yang Legit Buat Camilan

bintanpos

Mie instan dan Soda, Inilah Makanan Pemicu Asam Lambung

bintanpos

Kebijakan Karantina Hotel COVID-19 Segera Berlaku Bagi Wisatawan di Inggris

bintanpos