BintanPos.Com
Traveling

Mitos Air Awet Muda di Gua Kallibong Aloa

Curamnya tebing kars di Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan, ternyata menyimpan harta karun yang tak ternilai harganya, sebuah goa karya Sang Pencipta yang dikenal dengan nama Gua Kallibong Aloa. Konon kabarnya, masyarakat percaya di dalam gua tersebut terdapat air awet muda.

Tepatnya, lokasi Gua Kallibong Aloa berada di Kampung Belae, Kecamatan Minasate’ne Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan.

Sebuah penelitian mengungkap fakta bahwa air Gua Kallibong dapat dikonsumsi secara langsung dengan aman. Namun terkait dengan mitos yang beredar di kalangan warga sekitar tentang air obat awet muda belum ada bukti secara ilmiah.

Kabarnya, air awet muda tersebut tidak pernah surut walaupun saat musim kemarau panjang. Air ini berada pada sebuah are berbentuk kolam dengan lebar kurang lebih 50 cm dan kedalaman sekitar 10 cm. Jumlahnya sendiri sekitar 5 kolam.

Selain mitos yang berkembang di masyarakat terkait keberadaan air awet muda tersebut, daya tarik lain yang dimiliki Gua Kallibong adalah keberadaan ornamen cantik yang berkilauan di dalam gua, seperti stalakmit yang berbentuk seperti patung Bunda Maria, seperti salju, bahkan yang menyerupai pelaminan pengantin.

Ornamen-ornamen indah tersebut berasal dari kandungan kalsium yang tertinggal saat air mengalir dari batuan penyusun gua. Keberadaan Gua Kallibong Aloa dapat menjadi refrensi wisata alam yang menakjubkan.

Related posts

Immortal Bridge, Jembatan Mengagumkan Ciptaan Tuhan

admin

Tips Mengemas Koper agar Lebih Ringan Saat Bepergian Jauh

admin

Jadwal Kapal Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang Selasa Ini

bintanpos