BintanPos.Com
Berita Nasional Gaya Hidup Internasional Life Style

Jangan Dianggap Sepele, Benjolan Pada Tubuh Bisa Jadi itu Gejala Kanker

kanker

BINTANPOS.COM–Jangan pernah menyepelekan benjolan pada tubuh, sekecil apapun itu. Sebab bisa jadi itu adalah gejala penyakit kanker. Seperti kita ketahui bersama, bahwa setiap tanggal 4 Februari, diperingati sebagai hari kanker sedunia (World Cancer Day).

Hingga kini, penyakit kanker masih menjadi penyebab kematian terbanyak di dunia setelah penyakit jantung. Artinya, kita harus sadar bahwa kanker merupakan salah satu penyakit berbahaya. Sebab itu jangan pernah menganggap remeh setiap gejala-gejala datangnya penyakit itu pada tubuh kita.

Bagaimana cara mengetahuinya? menurut Dr. M. Yusuf Sp.OG(K) Onk, sebaiknya lakukan deteksi dini. Deteksi dini penting sebelum sel-sel kanker menyebar ke bagian tubuh lainnya. Dia menjelaskan salah satu gejala umum cikal bakal penyakit kanker yakni adanya benjolan di bagian tubuh.

“Gejala paling umum yang ditemui oleh pengidap kanker adalah munculnya benjolan di tubuh, penurunan selera makan, rasa letih dan nyeri, dan pada beberapa kasus diikuti dengan pendarahan,” ujarnya, seperti dikutip dari suara.com, Kamis, 4 Februari 2021.

Meski demikian, dia menjelaskan, tidak pula semua penyakit kanker bergejala. Terkadang, seseorang tidak menunjukkan gejala apapun pada tahapan stadium awal. Seseorang dapat mengidap kanker dikarenakan sejumlah faktor, terdiri dari faktor internal dan eksternal.

“Faktor eksternal pemicu kanker dapat berupa Infeksi yang disebabkan oleh virus, jamur dan bakteri, paparan sinar ultra violet yang berlebihan, serta paparan zat karsiogenik (zat yang dapat menimbulkan pertumbuhan sel kanker),” jelas dr Yusuf.

Adapun faktor internal mengapa seseorang terinfeksi, kanker, secara umum disebabkan faktor genetik yang berperan 10 hingga 20 persen dari populasi, dan faktor genetik ini biasanya spesifik pada jenis kanker-kanker tertentu. Namun selebihnya, lingkungan berperan sangat besar terjadinya kanker pada diri seseorang. Seperti gaya hidup yang tidak bersih, hingga paparan polusi yang menumpuk terus menerus.

“Paparan zat karsiogenik yang berlebihan seperti makanan olahan dan makanan instan. Oleh karena itu, menerapkan gaya hidup sehat merupakan hal yang perlu untuk dimiliki,” ujarnya.

Oleh sebab itu, di momentum hari kangker sedunia yang jatuh pada tanggal 4 Februari ini, sejatinya menjadi pengingat bagi kita untuk selalu menjaga hidup sehat agar senantiasa terhindar daris segala penyakit, terutama kanker. (bertuahposcom)

Related posts

5 Buah-buahan Sehat untuk Menu Buka Puasa, Bisa Tangkal Penyakit!

admin

Kemenhub Tutup Seluruh Penerbangan Penumpang Dalam dan Luar Negeri

admin

Situasi di Ukraina Memanas, Biden Telepon Putin Ajak Bertemu

admin