BintanPos.Com
Lifestyle

Ini Cara Mengatasi dan Mengenali Rem Cakram Motor Yang Mulai Seret

BINTANPOS.COM – Rem cakram pada sepeda motor tak lepas dari sejumlah masalah, salah satunya mulai mengalami seret atau macet ketika dioperasikan. Apabila sudah terjadi, kamu harus segera mengeceknya sebelum melakukan perjalanan.

Seperti kita ketahui, rem adalah komponen penting pada suatu kendaraan. Jika ditemukan masalah, sebaiknya kamu segera mencari tahu penyebabnya karena akan berbahaya jika didiamkan saja.

Apabila rem mengalami macet, hal ini menyebabkan roda tidak bisa berputar kembali meski tuas rem sudah dilepas. Hal ini disebabkan kampas rem masih melekat pada bagian roda, sehingga roda tidak bisa berputar.

Namun tak perlu khawatir, jika rem cakram sepeda motor kamu macet pasti ada sebab dan cara mengatasinya. Dikutip dari laman Suzuki, berikut sejumlah penyebab rem cakram motor macet atau seret dan tips memperbaikinya.

1. Kotoran

Ada berbagai hal yang menjadi penyebab rem macet, salah satu yang paling sering terjadi adalah kotoran yang biasanya berasal dari debu dan melekat pada bagian cakram.

Apabila debu tidak segera dibersihkan maka menyebabkan kinerja rem cakram seret dan lama kelamaan bisa menjadi macet. Tentu jika hal ini sudah terjadi, akan menyebabkan komponen lain ikut rusak dan kamu perlu biaya lebih untuk memperbaikinya.

Untuk mengatasi hal ini, kamu hanya perlu membersihkannya. Caranya, buka kaliper pada piringan cakram dengan kunci L, kemudian lepas kaliper tersebut. Setelah itu, semprot bagian celah piston kecil dan master rem hingga bersih.

Saat menyemprotnya, kamu bisa menggunakan campuran air dan sabun cuci piring cair. Pasang kembali kaliper seperti semula dan pastikan kaliper terpasang pada posisi yang tepat.

2. Karat

Selain debu, penyebab rem motor tiba-tiba mengalami seret bisa diakibatkan oleh karat di bagian piringan rem cakram. Hal yang ditimbulkan pun juga sama, rem motor bakal seret dan akhirnya macet.

Cara mengatasi rem seret karena karat, kamu bisa melakukan sejumlah langkah berikut. Pertama, buka kaliper pada piringan cakram lalu lepas dan bersihkan karat hingga piringan bersih.

Setelah karat hilang, oleskan cakram menggunakan grease atau gemuk. Kemudian kembalikan kaliper pada posisi semula dengan benar.

3. Kampas Rem Bermasalah

Kampas rem adalah komponen yang menempel langsung pada cakram saat tuas rem ditarik. Seiring penggunaan, kampas rem akan aus dan menyebabkan pengereman menjadi tidak sempurna.

Hal ini dapat menimbulkan suara berdecit atau berisik ketika tuas rem ditarik. Apabila hal ini sudah terjadi, cara paling mudah adalah mengganti kampas rem dengan yang baru untuk menghindari rem blong.

Namun ingat, meski sudah diganti dengan kampas rem baru bukan berarti masalah macet pada rem tidak akan terjadi. Semisal, kamu menggunakan kampas rem bukan yang asli atau salah pemasangan, alhasil tidak bertahan lama dan kampas rem akan cepat habis.

Source : detik.com

Related posts

Nggak Ada Lawan, Ini Statistik Gila Milik Toni Kroos

admin

Ini Jadwal Pertandingan Timnas Indonesia di AFF 2020

bintanpos

Berikut Daftar Sajian Berbuka Puasa Hari ini di BATIQA Hotel Pekanbaru

bintanpos