BintanPos.Com
Teknologi

Facebook dan Instagram Mulai Blokir Konten Berita di Kanada

Meta telah mulai memblokir semua konten berita di Facebook dan Instagram di Kanada, sebuah perubahan yang diharapkan dapat dilihat oleh semua pengguna di negara tersebut dalam “beberapa minggu ke depan”.

Langkah itu sebagai tanggapan terhadap Undang-Undang Berita Online negara itu, yang akan mewajibkan perusahaan teknologi seperti Meta dan Google untuk bernegosiasi dan membayar penerbit untuk konten berita mereka.

Dilansir laman The Verge, Rabu (2/8/2023), pemblokiran tidak hanya berlaku untuk penerbit berita dengan akun di kedua platform, tetapi juga untuk tautan yang dibagikan oleh pengguna.

Jika orang Kanada berteman dengan seseorang yang tinggal di Kansas dan Kansan membagikan tautan di Facebook ke, katakanlah, teman utara mereka tidak akan dapat melihatnya.

Di Twitter, yang saat ini berganti nama menjadi X, jurnalis untuk publikasi lokal Kanada Indigi News dan The Sarnia Journal menentang perubahan Meta.

Meta menyebut ini sebagai “keputusan bisnis”, dengan mengatakan ia memilih untuk memblokir berita untuk mematuhi Undang-Undang Berita Online.

“Meta mendapat manfaat secara tidak adil dari konten berita yang dibagikan di platform kami,” tulis perusahaan

bersikeras bahwa organisasi berita benar-benar mendapat manfaat dari berbagi informasi mereka di platformnya dan orang tidak datang ke Facebook atau Instagram untuk berita.

Perusahaan mengumumkan akan memanfaatkan ancaman untuk mengambil langkah luar biasa ketika RUU tersebut menerima persetujuan kerajaan pada Juni lalu, setelah waktu yang singkat menguji perubahan tersebut.

Google sedang merencanakan tindakan serupa untuk berita lokal, yang akan diblokir mulai saat undang-undang tersebut berlaku “selambat-lambatnya 180 hari” setelah pengesahan RUU pada 22 Juni.

Related posts

Apple Kubur Mimpi Bikin Mobil Listrik, Reaksi Tak Terduga Elon Musk Curi Perhatian

admin

Ponsel BlackBerry Bakal Hadir Kembali?

admin

Hati-Hati! Begini Cara Agar Data Pribadi Tidak Bocor di Internet

admin