BintanPos.Com
Gaya Hidup

Baik untuk Penderita Diabetes, Ini 5 Manfaat Jus Buah Delima

BINTANPOS.COM – Delima termasuk buah yang disebutkan dalam Al-Quran. Karena memiliki beragam nutrisi penting bagi tubuh. Bisa dibuat jus yang segar.

Delima merupakan salah satu buah yang disebutkan dalam Al-Quran sebagai buah surga. Tercatat dalam Al-Quran surat Al-An’am ayat 99 dan 141 serta dalam surat Ar-Rahman ayat 68. Keistimewaan buah delima juga disebutkan dalam sebuah hadist.

“Tidaklah buah delima yang ada pada kalian sekarang ini, melainkan sebahagian daripada buah delima dari surga,” HR. Al-Dzabi.

Disebut sebagai buah surga, karena delima mengandung beragam manfaat kesehatan. Mulai dari kaya akan zat antioksidan hingga bagus untuk kesehatan kulit.

Untuk merasakan manfaatnya, delima bisa langsung dikonsumsi. Kamu juga bisa mengolahnya menjadi jus yang menyegarkan.

Berikut manfaat jus delima untuk kesehatan, seperti dikutip dari detikcom.

1. Kandungan Nutrisi Delima
Beragam manfaat bisa didapatkan dari delima, karena buah ini menyimpan beragam nutrisi. Dilansir dari Everyday Health (7/7), dalam satu buah delima mengandung 72 kalori. Ada juga kandungan karbohidrat sebanyak 27 gram.

Delima juga memiliki kandungan gula alami sebanyak 89 gram. Buah ini juga mengandung serat tinggi sebanyak 5 gram. Ada juga kandungan potasium, dan vitamin C serta vitamin K yang dapat membantu dalam menjaga imunitas.

2. Kaya Antioksidan
Delima mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Seperti diketahui kalau vitamin C dapat berperan sebagai zat antioksidan yang menjaga kebugaran tubuh. Kamu bisa mengolah delima menjadi jus dan konsumsi secara rutin.

Di tengah pandemi Covid-19, kebugaran tubuh sangat perlu diperhatikan. Agar sistem imunitas tetap stabil sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit dari virus maupun bakteri.

Selain vitamin C, delima juga mengandung polifenol yang juga berperan sebagai zat antioksidan. Kandungan ini berperan dalam melawan peradangan pada tubuh.

3. Meningkatkan Kesehatan Jantung
Agar terhindar dari gangguan kesehatan jantung, harus terus mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang. Untuk buah-buahan, kamu bisa memilih buah delima karena salah satu manfaatnya bisa meningkatkan kesehatan jantung.

Jus delima bisa meningkatkan kesehatan jantung karena memiliki kandungan zat antioksidan yang tinggi. Disebutkan juga kalau jus delima memiliki kandungan antioksidan yang jumlahnya jauh lebih tinggi dari teh hijau. Selain itu, dapat juga menurunkan kadar kolesterol jahat jika dikonsumsi secara teratur.

Bagi penderita darah tinggi, ada baiknya mengonsumsi jus delima secara rutin agar tekanan darah tetap stabil. Karena tekanan darah tinggi juga salah satu penyakit yang berhubungan dengan kesehatan jantung.

4. Baik untuk Penderita Diabetes
Salah satu makanan atau minuman yang harus dihindari para penderita diabetes adalah yang memiliki kandungan gula tinggi. Agar kadar gula darah tetap stabil, penderita diabetes bisa mengonsumsi jus delima secara teratur.

Sebuah penelitian menunjukkan kalau jus delima terbukti baik untuk penderita diabetes. Karena bisa menurunkan resistensi insulin dan mengatur glukosa darah.

5. Menyehatkan Kulit
Kandungan delima banyak diketahui berada dalam produk kecantikan kulit wajah. Tak heran, karena delima memang memiliki manfaat tersebut. Agar terasa manfaatnya, kamu bisa mengonsumsi jus delima secara teratur.

Vitamin C yang terdapat dalam jus delima bisa mengurangi munculnya kerutan di wajah. Bisa juga digunakan untuk melawan timbulnya jerawat dan mencerahkan wajah. (mg1)

Related posts

Selain Bangun Tidur, Ini 7 Waktu Terbaik untuk Minum Air Putih

bintanpos

5 Buah-buahan Sehat untuk Menu Buka Puasa, Bisa Tangkal Penyakit!

admin

5 Makanan Berlemak yang Justru Harus Dikonsumsi Saat Diet

bintanpos